Saturday, October 08, 2005

awal Ramadhan kali ini

puasa, pada hakikatnya adalah menahan (atau mungkin mengendalikan) nafsu dari terbit fajar hingga tenggelamnya matahari. dalam hal yang sangat sederhana, manusia muslim lebih bisa mengartikan puasa sebagai masa untuk berlapar dan berhaus. walaupun islam sendiri dengan tegas memperingatkan bahwa banyak orang puasa yang tidak mandapat apa-apa selain lapar dan haus.

karena puasa yang lebih terasa iklim lapar dan haus itu, sahur manjadi hal yang memabawa berkah. mungkin sebagai bekal persiapan sepanjang hari dan memang secara ketahanan tubuh berbeda. dan untuk menggapai salah satu nikmatnya puasa, bersegera berbuka menjadi nikmat yang terasa luar biasa. nikmat satunya lagi, insyaAllah akan diterima ketika menghadap Sang Khalik.

sudah tiga hari puasa berlalu, ada banyak hikmah yang didapat. pas hari pertama, ada insiden yang menjadikan aku diminta mengganti cat motor yang tergores. walaupun aku tak mau, tapi konsekuensi lain akhirnya kudapat.
tentang berbuka, ini yang menjadi catatan menarikku.

hari pertama puasa, saat azan berkuamndang baru saja aku man-starter motorku untuk meninggalkan kampus. dalam hati ku berujar, besok tak boleh ada kejadian seperti ini, tidak menikmati detik2 berbuka. aku mampir di masjid yang biasa aku datangi ketika manuju kost.

sebuah sajian yang bersahaja menyambut. ya...karena dalam pikiranku, sebuah masjid yang besar dan mempunyai sekolah islam terpadu mungkin bisa menyediakan hal yang lebih dari satu roti bolu, agar-agaer dan segelas air mineral (As-Salam kalau tidak salah mereknya). setidaknya, aku harus bisa bersyukur karena masih dapat ta'jil setelah waktu buka berlalu 5 menit.

hari kedua, aku sudah mempersiapkannya lebih baik. di masjid komlpek kost yang tergolong kawasan elite, kudapat sebuah banyak gorengan, teh hangat, dan roti. alhamdulillah, setidaknya lebih baik "sedikit" dari kemarin.

hari ketiga kemarin, ada kegiatan yang membuat jadwal buka ku harus dilakukan di acara tersebut. subhanallah, teman yang menyediakan ta'jil untuk acara yang kupimpin membawa kolak, es buah, dan gorengan. wah..it's my first kolak!!!
lalu aku berpikir di akhir pulang, kapan ya my first kurma? selama puasa, belum pernah makan nih... (dasar ngirit!!:)

semoga menjadi Ramadhan terindah

No comments: