Wednesday, March 29, 2006

memoirs 0506

Aku ingat ketika saat itu, anam terlibat pertimbangan matang tentang posisi ku di kabinet KM ITB. Bukan atas maunya sendiri memang, semuanya dipertimbangkan demi kebaikan yang lebih besar.

“trian, kau dibutuhkan di tempat lain. saya tidak bisa memastikan kau ikut bergabung atau tidak,” singkat, padat dan mengena.

Namun akhirnya, aku ambil juga tawaran itu. sekali lagi,bukan anam yang semata-mata mau. Karena aku sendiri pun sebenarnya menginginkannya. Keputusan pribadi. Kemahasiswaan, sudah lama kutinggalkan. Aku merindukanya, seperti halnya aku rindukan kampungku disana. Entah itu amanah atau apa, yang jelas, dengan penuh sepenuh kesadaran, aku mengiyakannya.

Waktu berjalan. Yang kuingat, tidak ada diantara para menteri, sekjen dan anam tentunya sangat jelas kita mau kemana. Oiya, uintuk pertemuan pertama, kita sampai malam waktu itu. jam 2 pagi. Sukma sudah curi-curi terlelap. Siapa lagi ya? Oh..andro juga tidak lebih baik. Aku ingat, aku baru saja memejamkan mata dan tiba-tiba dibangunkan untuk pulang. Merdeka! Kita berpikir tentang kampus dan teman-teman kita. Luar biasa kawan.

Ajun, orang satu jurusan yang awalnya kurang dekat. Dia sangat himpunan, sedangkan aku kurang dekat dengan himpunan. Dia pernah interview saya untuk masuk di suatu lab TI. Saya gagal disana, eh..kita ketemu disini. Posisi sama, bukan antara senior-yunior, tapi sesama mentri. Naik nih pride gw..

Beny, katanya mantan prince mesin. Tapi koq ga tampak-tampak amat (karena udah ga kali..). prince mesin, sekarang menteri keprofesian teknologi. Ga nyambung. Kata anam, dia punya visi bagus disana. Ok, good choice nam.

Mahmuy, aduh namamu udah kadung terkenal itu (aslinya mahmud sapa gitu..). LSS pisan. Cocok lah, orsenbud (olahraga seni dan budaya). Tapi udah mulai jarang-jarangan sejak tengah tahun. Kamana akang? Lieur urang teh sareng maneh..

Sukma, selain terkenal suka tidur duluan (malu-malu lagi, mata sayu, terbuka, sayu, terbuka..., kenapa ga jujur aja ma?), dedikasi luar biasa. Menteri of the year lah...rela ninggalin TA (yang bener atau tholabul akh***), suka yang “tipis” juga, dan sampai akhir punya energi. dan pasti, yang terkenal di kita...antek pak widyo. Keep calm ma...

Agung, ini anak paling gedebag-gedebug bareng. walau beda angkatan, cuek aja. Pukul sana, dorong, guyon dan haha hehe... pinginya rame kalau ketemu. Melobi ibu (yang sering telpon anytime) menunda kelulusan, juli lewat, oktober lewat, akhirnya maret deh... (masa menteri pendkesma molor?). dan sekarang, Erasmus Mundus!

Andro, paling ga betah melek malam-malam. Suka senyum-senyum, dan sepertinya kurang olahraga...(letoy gitu..hehe..). ini yang menteri karier, deputi of the year tahun lalu euy, sekarang jadi menteri pengabdian masyarakat. Klop..sabar, penyanyang, baik hati, tidak sombong dan rajin menabung...

Wiyono, hampir saja lupa. Kagak jelas tuh anak, maunya berantem melulu ma kongres. Tapi aku suka juga...kongres, hajar aja. Kagak kongkrit mereka! Kapan ya wi, kita mulai kenal? Lupa. Di Sospol, mainnya konspirasi terus. Segalanya dipolitisir, sampai aksi juga...lumayan dapet saweran.

Abi, sok kebapakan dan kalem padahal ga gitu-gitu banget. Pantaslah, sekjen internal jadi bapak kampus. Dikenal dengan ITB-1, karena paling sering nongol di forum2 kampus dibanding anam. Ternyata, oktober TA kelar. Pinter curi-curi juga, menterinya disuruh kerja.. eh...dia melenggang. Tapi setia sampai akhir, walaupun kompre C..

Gortum, keantosan heula...(Gortum = Goris antum), orang paling menyebalkan di kabinet, tapi kongkrit. nafsu jaringan sangat besar, dana kabinet banyak mengalir berkat dia. Suka bikin kegiatan aneh2..asal dana masuk. Sebenarnya ga rajin baca banyak buku2 amat, tapi ngomongnya nyerocos. suka mengulang kata2 yang sama..ruh kemahasiswaan..

Terakhir anam, baru kenal saat serumah. Awalnya serius, trus bisa diajak kekanak-kanakan. Setelah jadi presiden, ga berani lagi deh, hormat. Melankolis-plegmatis, apa pernah liat anam marah? Tapi berkat anam, aku tahu bahwa presiden juga manusia. Thanks nam, atas kepercayaan bergabung dengan gaya KM kita... kauniyyah.

Ada lagi? Ada banyak sekali. Ratih yang cerewet, risma yang merengut, echa horee, rida yang senyum2, dini sangat koleris, silda unclear, ulya berlagak bijak (tapi jadi kagok), della sok sibuk (makasih ASPL-nya), aliva yang bingung, pipit sang feminis, nova yang GTM (gaul tapi manut), puput yang geregetan, winda yang lucu, febri al-kacruti, weko dan staf kominfo (imoth “susah dihubungi”, edi “hidup indramayu”, adit “pecinta pram”, fajar “pujangga”, n arsi “cool”), serta sejuta rasa lainnya. bangga dan senang rasanya menjadi bagian kalian.

Sejenak sadar bahwa dalam rasa itu, kita sedang membuat sejarah kemahasiswaan ITB. apa adik-adik kita akan mengingatnya batu bata ini? Entah apa kita akan saling ingat, 5 tahun, 10, 20 dan 40 tahun lagi. Kenangan indah, pasti menjadi sebuah kisah klasik. Tapi satu hal aku belajar dari kalian. Semuanya dibangun dengan ketulusan. Terima kasih Allah, atas kesempatan ini...

Trian, menteri kominfo kabinet 0506

23 comments:

Anonymous said...

dasar trian...
bilang gw feminis lg...
bukan cuman dia sih sbenernya,
beberapa anak kabinet tetep keukeuh bilang sy feminis.
padahal dah klarifikasi kemana-mana (pake blogspot, diskusi, dll).
ya sudahlah, toh definisi feminis masih relatif...
husnudzhon aja lah ama orang2...
gitu aja kok pusing.
btw,kan dah lengser nih, minta maaf kalo pernah bikin salah...
buat yg lainnya jg yg sempet baca komentar ini...

Anonymous said...

iya tenang pit..
namanya juga kesan, masa di atur2 segala. kebebasan utk berkesan atuh...
kl pipit kan yg paling khas itu, so i choosed it.

yg lainnya, any comments?

Anonymous said...

kalo diliat2, kesan trian tentang orang2 di atas mayoritas negatif ya? ya gak sih?
but, as you said, namanya juga kesan..it's up to you, right?
jadi pengen tau, kira2 kesan orang2 tentang trian gimana ya?
btw, i would be glad if you want to share about "finding2" tea [such a weird thing to do, isn't it?]. won't tell anybody deh..piss.
eh, saya udah comment lho ya..dan jangan maksa sesuatu yang belum bisa orang lakukan! be patient!
[rd]

Anonymous said...

iya mbak rd (sapa nih?), pingin tau kesan orang2 ttg saya. ayoo...tulis dong temans. mgk mbak rd bs memulai?
knpa negatif, biar lebih berkesan aja.kl yg baik2 kan, diungkapin ga jadi pahala deh...:)
"finding" yg mana, nu eta tea? bukanya udah tau? atau yang mana nih...

ditunggu, supaya namanya ga lagi Anonymous, dan ada link-nya...

Anonymous said...

jadi ga tahu nih, siapa yang berinisial "rd"? hiks. finding-nya sih udah tahu, tapi kan yang selanjutnya masih teka-teki. remember this? 'namanya juga kesan, dont force it..so privat.'
that's what i mean. ga begitu penting juga sih. cuma kaget aja. setelah selama setahun bekerja sama, ternyata...
atau kesan trian kali ini salah? hayo..kasian orangnya lho..
tuh kan, jadi ga mutu. maaf ya.

Anonymous said...

rd, kayanya yang ada di tulisan ya..:-?

kesan saya ama orang2 diatas,bener (menurut saya).justru yg sy tulis adalah yg sy tau,dan emang yg sy tau kaya gitu. tp ini kan "sisi lain", agak ringan dan ga serius2 banget...
so, don't be serious...

__h A N A M i c h i said...

ya begitulah kalo orang 'terpaksa' belajar karena lingkungan..tapi whatever, itu adalah 'sekolah' luar biasa buat kita semua, wasn't it? aku ga bilang semua kesan trian buat semua orang itu bener, tapi asik2 aja kan oran g nilai diri kita. buat kawan2 yang baca ini, thanks atas hikmah selama ini. buat trian, jangan bikin masalah lagi ya..list makin black aja ntar+..bantuin tuh anak2 lain. kasian kan? jangan merasa tua dulu ya..itu bagianku, aby, yono dan 2001 yang lain. sush!!

Anonymous said...

matur nuwun nam...atas kepercayaan dan kesempatan. punya blog nih...ayo, para "mantan" aktivis, kita ngeblog ramai2. mewarnai dunia dengan makna tulisan. karena ternyata, kita hampir tidak dikenang oleh ucapan atau tindakan kita, tapi oleh buah pena kita...(hehehe, sedikit pembenaran:)

Anonymous said...

ratih nih...
'ratih yang cerewet'...apakah ini bener2 penilaian objektif?! ga terima sih, tp ya sudahlah...
kasian banget sih kita [akhwat] dapet yg jelek2nya...
gapapalah, kan penilaian hakiki datang dari ALLAH...

4 all: maafin ratih ya, kalo ternyata penilaian 3an bener n kalian pernah terdholimi karena ke'cerewet'an itu...

ganbatte!! whereever u r.

Liva said...

aliva yg bingung?i take that as a compliment! bingung itu identitas intelektualisme..itu tanda mikir lagi..hahahaha...ya tapi bener juga sih. bingung. sungguh diksi yg tepat. it says it all, ya??

tapi dalam konteks tulisan anda ini, jelas aja bingung. mana ada org yg ga bingung kalo tiba2 'terjebak'. janjinya kan cuma bantu2..eh gak taunya...

Anonymous said...

hahhahahaha..........masa gw dibilang....

tapi kan????
ya sudahlah...

=p

btw kaget juga nemu pak pres ada di blog...
=p

si jelek anonyomus
=b

Anonymous said...

hla??kok saya dibilang hore tho mas??
tapi emang gitu kali ya kesan yg terlihat,,hehehe,,,
ya sud lah,,mari kejar impian kita...

shild@ said...

sontoloyo...
dasar, unclear??
which part??
sospol, depkon??
perasaan komentarnya trian negatif semua yak??...
beware...

-shilda yang kagak terima dibilang unclear-

Anonymous said...

wah..banyak yag protes ya. ini kesan, dan memang kesan itu yang didapatkan.
ttg negatif tidak, biar berkesan bagi semuanya, tampilin yg "unik"nya... *mode anti kemapanan on*

ya..maaf kalau jadi banyak yg kurang berkenan.dan maaf pula, ga bisa dikoreksi ya...tenang aja, yg baik2 ttp ada koq, tp ga ditampilin, biar tdk ge er...

penakayu said...

wah, ini Pak Presiden ITB toh,
sep lah asal besok jangan kayak politikus alumnus ITB aza he he he ^_^

Anonymous said...

Makasih deh buat trian, inilah konsekuensi kita jadi makhluk sosial, dikomentarin..

"Aku sosial adalah aku yang kalian lihat sekarang ini, mungkin berbeda untuk tiap orang.

Aku diri adalah aku yang kalian kenal jauh lebih dekat lagi."

Moga-moga aja, kita2 di memoirs 0506 ini bisa keep in touch, always, Ok?

Sukses buat semuanya...

GoNme ya...

Anonymous said...

assalamualaikum...

ANDRO: wadu2, nulisnya nda semua bener to, ada yg ngawur juga, moso' aq dibilang letoy, aq ini anak patra e, di OS nya aja setaun, pas Os masih jaman jahiliyah gitu, jadi nda ono dasare bilang aq letoy,....letoy itu kan untuk menipu musuh aja, begitu musuh lengah langsung sikat.....TRIAN: orangne sih pada dasarnya asik siy, rame-rame, lucu, tapi suka ga jelas juga, tiba2 bilang "pokoknya"..kalo di sumetera mah pokok itu artinya pohon mas,....ak masih inget pas mw mentas di salah satu stasiun tV swasta, satf2 ku 5 orang asalnya pada mw ikut, tapi tiba2 jadi batal kelimanya, tebak sendiri ?? :)...aq masih dendam lho mas, tgu aja pembalasan ku :o)

Trian Hendro A. said...

mas hikaru, saya bukan presiden, hanya pembantunya. presidennya (tp udh lengser), mas yg komentar pake nama hanamichi diatas, blogger juga lho (walaupun, pemula-piss nam..)

mbak ulya emang bijaksana sekarang(sy komentarnya sok bijaksana), karena ini adalah kenangan, maka sy membuatnya seperti ini (yg banyak diprotes orang2 diatas), yg unik2 lah. sepakat, persahabatan ini ga akan lapuk...

mas andro, opo sih? koq pake dendam2 segala. aku ga ingat lo...perasaan bukan aku yg cancel deh, aku kan setuju aja, kalau yang non-..... juga ikut.

Anonymous said...

He he he...
Koreksi tuh, bukan Erasmus Mundus..
Sok tau nih trian..
Buat yang merasa tersindir sama trian, legowo aja.
Emang begitu orangnya nih anak satu..
C u in Europe?? Europe is the world? Engga juga kali...
TRIAN = P R O Y E K T O R
=)
AMD (kenal engga..)

Anonymous said...

waduh..waduh, dari dulu seneng bgt si ngajak berantem ma orang...?? yang lain itu urusan kalian d..yang penting siapa bilang K...... ga kongkret....!! gpp lah emang si, yg penting bukan saya...buktinya LPJ kalian kita terima...hehe!!jangan berantem mulu...peace...peace...peace....
maaf ya klo selama ini kalian sering terdzolimi...apa hendak dikata, memang aturannya agak harus bgt koq....
-temen seperjuangan!!-

Trian Hendro A. said...

iya, kan penganut "anti kemapanan", karena segala yag teratur di dunia, awalnya melewati fase ketidakaturan. nah, saya yang membuat ketidakaturan yang konstruktif...betul kan?

Anonymous said...

dini teh baru tau klo dini koleris...
gitu yak?
padahal selamanya ini selalu menganggap dini teh ga bisa 'memimpin'...
koleris tuh apa sih?

----dini----

Novasyurahati said...

Nambahin komen ahh.. hehe.. namaku disebut juga tho le??Kita pernah 'bikin sejarah' di awal Kabinetnya Anam ya?Makanya aku disebut 'gaul tapi manut'??Dasar Trian tukang bikin ribut!