Thursday, April 26, 2007

Merapikan accounts internet

Beberapa hari akhir-akhir ini, saya mencoba untuk merapikan accounts yang saya miliki di internet. maksudnya seperti ini. seringkali kita mempunyai beberapa accounts email, milis, blog, penyimpan photo dan lain-nya. jadi, demi mempermudah kehidupan di dunia maya dan pastinya menjadikan lebih teratur, merapikan accounts tersebut saya pikir sangat penting bagi netters.

Pertama, email. saya memutuskan untuk hanya concern menggunakan dua layanan email utama, yakni Yahoo dan Gmail. alasannya sederhana, Yahoo mensupport milis Yahoogroups, Flickr (album foto), messenger (YM) serta layanan Yahoo lainnya. sedangkan Gmail, satu paket dengan layanan Google lainnya, seperti Blogger, Gtalk (messenger), Picasaweb (album foto) dan Feed Reader (yang baru saja saya optimalkan akhirnya).

Selain layanan yang sangat high-supportable tersebut, kapasitas media penyimpan juga besar. untuk Gmail, buat milister pasti sangat menyukai model one-theme-thread yang diberikan Gmail. untuk satu tema (apalagi buat tema yang panjang reply-nya), semua dimasukan dalam thread sama. mudah dalam membaca, membalas dan yang lebih penting, rapi!

Dan untuk membuat lebih mudah, maka saya konsisiten menggunakan ID dan password dari beberapa kombinasi yang tetap, misal 2 ID (masing-masing untuk Yahoo dan Gmail) dan 3 Password, sehingga konsisten dan akan lebih mudah mengingat. pun kombinasi ID dan password itu juga digunakan untuk layanan lain, semisal you tube, friendster atau photobucket (btw, gmn cara merapikan album foto di accounts berbeda ya?). dan yang biasanya terjadi, banyak sign up dengan banyak ID-password sehingga membuat lupa si pembuat.

Kedua, milis. berapa milis yang anda ikuti? saya ternyata mengikuti 28 milis Yahoogroups. sebelumnya, saya menggunakan 2 accounts dalam 28 milis tersebut. akhirnya, sekarang saya putuskan untuk menggunakan satu account sehingga integrated dan lebih mudah memantau serta mengelola semua acoounts milis. apalagi, dari 28 milis tersebut saya mempunyai 1 owner dan 4 moderator.

Ketiga, blog. Akhirnya saya memutuskan untuk mengoptimalkan fungsi Feed Reader untuk memantau updating dari blog friends atau persons di sidebar blog ini. sekalipun tidak kelihatan tampilan blognya, tapi bagaimanapun substansi lebih berguna dari pada konteksnya. kalau misal ingin melihat tampilan, ya.. tinggal diklik link alamat blognya saja.

Bagaimana caranya? sekarang, setiap blog pasti mempunyai settingan feed. misal untuk blogspot (untuk blog ini): "http://3an.blogspot.com/feeds/posts/default" untuk postingan dan "http://3an.blogspot.com/feeds/comments/default" untuk komen. pembaca blog tinggal men-subscribe feed tersebut dalam feed reader, misal dipilih Google Reader (GR).

Dalam GR kita bisa men-subscribe (add subscriptions) beberapa blog dalam satu tampilan. dan, jika ingin membaca, tinggal diklik blog yang sudah di-subscribe. jadi, kita akan tahu blog (sudah di-subscribe) yang update dan belum kita baca, serta tinggal diklik untuk membacanya.

Mudah dan simpel. sangat menghemat waktu, tak perlu satu-satu blogwalking ke oriented-blogs kita. dan kita akan tetap update terhadap blogs tersebut (biasa selisih sekitar 15 menit dari halaman aslinya), kesempatan memberi komen pada saat-saat awal terbuka dan yang penting silaturahim dunia maya terjaga.

Teknologi, seharusnya membuat hidup kita lebih mudah. Tapi tidak untuk menjadi manja.


*gatal sekali ingin update blog, jika setiap hari ada di depan internet.

4 comments:

Nayel said...

sebaiknya email yang lain forwardkan ke satu email, kalau saya setiap hari buka mail.yahoo, semua surat yang masuk ke email-email yang lain akan di forward ke yahoo.. lebih pleksibel.

Trian Hendro A. said...

wah.. masalahnya masing2 (Yahoo-Gmail) punya plus-minus. saya tiap hari, buka dua-duanya. Gmail untuk milis/komunitas, yahoo untuk private. anyhow, tks atas sarannya om.

Anonymous said...

aku sebelumnya ga pernah pake Google Reader, biasanya aku buka blog temen2ku satu persatu, lumayan lama juga.
baru kali ini kepikiran pake Google Reader, sebelumnya ga pernah oprek2 fasilitas Google sih, trims ya atas infonya.

errick said...

google reader teh naon nya??
wah arek iki wis dadi wong kutho je... walaupun wajahnya... hehehe... tapi ra popo, rejekine kutho... yowis sing makmur yo mas...