Saturday, November 19, 2005

kemahasiswaan yang bertanya...

pernah kita sama-sama
berjuang bersama..

itulah sekelumit syair lagu yang diubah sesuai dengan zamannya, atau konteksnya. berbicara tentang konteks atau wadah, adalah berbicara tentang ruang dan waktu. masa ini berbeda dengan dulu dan sekarang berbeda dengan masa datang.ketika semua terjalin dalam tali zaman, maka pisau analisis yang digunakan untuk memutusnyapun harus disesuaikan dengan ukuran dan karakteristik tali yang terjalin.

sekarang, dalam konteks kekinian manusia seperti memiliki sedikit waktu. karena mereka sudah tidak ada waktu lagi untuk berbagi, bersama atau sekedar bertegur sapa. dunia sekarang sepsrti dunia tanpa gerak, sedikit tapi pasti manusia sudah tidak menganggap pertemuan sebagai satu-satunya jalinan hubungan personal.

ketika waktu sudah menjadi barang pribadi yang tidak seorang lainya berhak mengambil darinya, maka semua jadinya diukur dengan ada/tidak nilai tambah bagi si pemilik waktu (manusia tsb).lalu, manusia yang tidak pernah menjaga waktunya, akan tergilas dengan roda zaman yang menerjang tanpa batas tanpa disadari olehnya.

akhirnya, kemana larinya kepedulian? kemana larinya kekeluargaan? semuanya tak bisa ditemukan lagi, karena kepedulian, kebersamaan, kekeluargaan tenggelam dalam busa kepentingan yang semakin tinggi. lalu manusia bertanya heran dalam hatinya, "sebenarnya apa sih yang kita dapatkan?"

1 comment:

Anonymous said...

Excellent, love it! »