Tuesday, March 20, 2007

sepanjang bandung

long weekend kemarin, adalah waktu menjalin keeratan kembali dengan 'second wife'. jika biasanya rute cikampek-bandung melalui purwakarta, saatnya untuk melihat sisi dunia yang lainnya. maka cikampek-subang-bandung adalah jejak langkah yang dihasilkan.


kesan pertama, jalan menuju subang atau antara subang-bandung bukanlah jalan yang lebar (tipe II) seperti halnya jalan dari purwakarta-bandung (non-tol). jalan jalur subang relatif sempit, mungkin karena jarang dilalui truk-truk berat, sekalipun bus besar banyak juga yang ber-rute subang (subang-jakarta/bogor dll). akibatnya, kecepatan motor tak bisa dioptimalkan, mungkin rata-rata 60 Km/jam, berbeda dengan jalur purwakarta yang kecepatan motor bisa digeber rata-rata 70 Km/jam.

secara jarak tempuh, jalur subang ke bandung sekitar 100 km, melalui lembang. bandingkan dengan jalur purwakarta yang 'hanya' sekitar 90 km. beda 10 km kurang lebih, namun karena track (kondisi jalan, gradien jalan/pegunungan dsb), jalur subang harus ditempuh 2 jam. sedangkan purwakarta, sekitar 1,5 jam pun cukup.

namun, view jalur subang jauh lebih indah dibandingkan jalur purwakarta. inilah mungkin yang menjadikan 'touring' ini worthed. di bawah adalah beberapa jepretan 'non-profesional', anggap saja sebagai oleh-oleh perjalanan.

salah satu sudut kota subang yang cukup asri.


jalan kota subang yang paling berkesan (sampai dibelain muter lagi untuk ambil gambar ini)

pemandangan di sekitar ciater, sebelum tangkuban perahu.

sayangnya, hanya jepretan itu yang dibawa. banyak sekali yang menakjubkan, namun tak sempat diabadikan. kasihan second wife, kalau harus berhenti, jalan menanjak, berhenti lagi dst. mungkin lain kali beberapa spot yang sudah ditandai akan dijepret pula.

pagi ini, berangkat dari bandung, ingin merasakan berkendara dari bandung pagi-pagi. inilah kira-kira sudut kecil bandung di pagi hari.

jalan dago (juanda) yang terkenal itu, masih gelap sekitar pukul 05.10 (what an 'unwell' pic!).

dari atas jalan layang surapati (menyempatkan sejenak berhenti), sekitar pukul 05.15. masih relatif gelap juga bandung kota.

yang ini, tiang pancang surapati (hasil cipta karya anak negeri?). dan tampaknya, ada seseorang yang sedang bersiap menyambut mentari pagi bandung.

pagi tadi, 'touring' beralih menggunakan jalur purwakarta saja, lebih 'safe' dan more-experienced. sayangnya (lagi), view jalur ini tak sempat dijepret. cipularang dari atas juga ada sebenarnya. namun, perjalanan pagi ini sedikit was-was dengan sedikit macetnya jalan di purwakarta, apalagi setelah long weekend. belum lagi hujan saat baru tiba di cikampek. dan akhirnya, masuk ke kantor hari ini pun sedikit terlambat.

anyway, setiap perjalanan selalu memberi kesan.

8 comments:

aroengbinang said...

hmm dah lam gak lewat jalur subang; dah lama juga gak beli ubi cilembu dan nanas subang. salam.

Okky Puspa Madasari said...

Weelah...Subang tho mas? aku kesana dua kali. Kota yang indah, tapi Tangkuban Perahu ga seperti yang kubayangkan. Mungkin next trip harus ke Garut. Aku blm pernah kesana.

Trian H.A said...

#mas bambang: jadi kapan keliling indonesia mas?? :)

#Okky : pasti abis liat acara ada medicure(?) di Garut :P

Pipit said...

dasarr...

ni bocah keluyuran thok..:p

agung said...

Oi yan..
Kaga boleh tuh berhenti di jalan layang...
Menghambat kendaraan tahu!

doddi said...

Subang?
Kalo ada waktu, bisa dari subang via jalan cagak, kasomalang, pasanggrahan. Lalu jalan kaki liwat cupunaga, sampai di gunung putri, lembang, maribaya, dago pakar, sampai di Selasar Sunaryo.

Subang?
Itu kan kampung halaman nenekku! Memiliki laut dan pantainya, kebun dan pohonnya, gunung dan mata airnya, desa - kota dan tata-caranya!

Omong2, kamu ini siapa?

Warastuti said...

Travelling will bring us to wisdom

Pcaya ga?

Tanggal 7 April ini harusnya saya bisa ke Garut.. Tapi sayang, saya harus memilih salah satu diantara dua walimahan yang harus dihadiri (satu di Garut, satu di Jakarta)

Akhirnya pilih Jakarta. Mantan teme clubbing sih.. jadi ga enak kalo g dateng.

Allah belum mengizinkan kali..saya jalan-jalan ke Garut..

BungKhoest said...

minggu ini ada rencana ke subang lagi cari2 informasinya.. ( saya di bandung rencana paki Thunder ) .... trims infonya. klo bisa lebh detail khususnya Bandung - Subang.....