Monday, June 25, 2007

Dalam aktivitas IMB

Pada dasarnya semua manusia membutuhkan ruang-ruang untuk menyalurkan sisi sosial-nya, dimana yang paling sederhana adalah dengan melakukan aktivitas komunikasi dengan manusia lainya. Komunikasi dan interaksi yang lebih intim bisa dibangun oleh orang-orang yang mempunyai pandangan, atau kufu yang sejenis. Untuk yang seperti ini, batasan-batasan yang mungkin muncul tidaklah menjadi masalah besar untuk tetap merangkai interaksi sosial-nya.

Begitu pula yang dilakukan oleh Indonesian Muslim Blogger (IMB) atau biasa disebut muslimblog, sebuah komunitas maya blogger muslim yang mulai diinisiasi tahun 2004 oleh hanya beberapa orang dan sekarang mempunyai komunitas milis muslimblog dengan lebih dari 600 member. Hambatan ruang, tidak menjadi halangan bagi para penggiat IMB untuk eksis dalam blogosphere (dunia per-blog-an) Indonesia.

Saya sendiri mulai ikut dalam komunitas ini sekitar 1,5 tahun lalu dan mulai lebih aktif lagi kurang dari setahun yang lalu. Memang pada awalnya merasa canggung, karena sudah banyak blogger yang malang-melintang. Namun, lama kelamaan juga merasa terbiasa dan berani aktif di milis, karena bagaimanapun inti komunitas ini adalah membangun interaksi sosaial sesama blogger muslim.

Selain milis yang aktif, terdapat juga blog muslimblog serta beberapa aktivitas online maupun offline yang tersebar di bebarapa simpul kota-kota besar diantaranya Jabotabek, Bandung, dan Semarang. Diantara kegiatan tersebut adalah pelatihan blog atau penulisan, gathering, pernak-pernik IMB (kaos, pin dll), best post of the month dan kajian online muslimah.

Namun sayangnya, kegiatan-kegiatan tersebut sudah mulai tiarap dan butuh untuk dihidupkan kembali, karena bagaimanapun ada kendala ruang-waktu serta kesibukan masing-masing blogger. Kecuali untuk yang terakhir, yang masih aktif hingga saat ini setiap siang pada hari-hari tertentu via conference, dimana salah satunya digawangi oleh Unisa (bagi yang berminat, silahkan hubungi langsung beliau).

Dan akhir-akhir ini, tekad untuk kembali menghidupkan aktivitas IMB mulai bergejolak (semoga tidak temporer!). Mulailah milis ramai untuk pemilihan ketua umum (pilketum) IMB yang baru hingga muncul beberapa kandidat dan program yang kira-kira ingin digulirkan. Kemudian disusunlah Sabtu, 23 Juni lalu untuk kopdar (kopi darat) IMB yang diadakan di komplek Masjid Al-Azhar, Kebayoran Baru.

Begitulah, rencana disusun dan member yang konfirm datang lebih dari 10, namun yang datang tidak lebih dari 5 orang, yaitu Adhika, Unisa (plus suaminya) dan saya sendiri. Dan sesuai mandat para IMB’ers yang tidak datang maupun secara umum member yang lain (karena pembahasan pilketum dan kopdar sudah sejak sebulan lalu) kepada yang datang untuk bermusyawarah, (sesuai prediksi semula) maka ‘terpilihlah’ Mas Dhika sebagai koordinator IMB untuk 2007-2010.

Jujur, nama Ketua yang selama ini ada dinilai kurang pas oleh Mas Dhika karena untuk komunitas yang dibutuhkan adalah koordinator dan atau formatur. Dan ‘masa kepengurusan’ yang 3 tahun itu sendiri hasil kesepakatan kami saja, untuk menjembatani waktu 1 tahun yang terlalu cepat atau 5 tahun yang terlalu lama.

Kemudian, kami pun sharing tentang program-program yang mungkin bisa dijalankan setelah pastinya disampaikan di milis, dan ngobrol-ngobrol ringan lainnya mulai memposisikan blog, kampus hingga sastra (Mas Dhika ini juga moderator klub-sastra yang lama saya ikuti, sedang suami Unisa adalah senior satu kampus -dunia memang sempit!).

Secara umum, programnya tidak banyak berubah dan akan dicoba dihidupkan kembali program-program yang lama serta simpul-simpul di masing-masing kota. Namun tetap, bagaimanapun inisiatif dan kreativitas IMB’ers untuk menghidupkan komunitas ini sangat dibutuhkan.

Oiya, jika teman-teman blogger muslim ingin bergabung dengan komunitas ini silahkan kirim mail kesediaan ke muslimblog-owner@yahoogroups.com, karena milis muslimblog hanya via invitasi moderator (jadi harus bersiap juga jika ditolak, coba lagi dan lagi!). Seperti halnya di masyarakat, di komunitas (milis) pun ada hal-hal ‘menarik’ atau ‘kurang menarik’. Namun pastinya, mari ikut bersama menghidupkan komunitas ini untuk kemaslahatan kita bersama.

Hare gene intim sama internet ga punya blog? Temennya tomat.., cabe deh...! Hare gene punya blog ga ikut satupun komunitas blog? Beli nasi di pondok gede, basi deh..! ^_^

Catatan:
- Tambah milis, jangan lupa membuat filter supaya mail milis rapi tersisir.
- Mas Dhika sabtu 30 Juni akan berubah status menjadi suami, dan koordinator IMB seolah menjadi ‘kado terbaik’ dari IMB’ers.
- Kronologis kopdar 23 Juni versi cerita, silahkan baca disini (loading rada berat)

7 comments:

acha_gtx said...

sip dah. moga IMB makin oke; hehehhe

Anonymous said...

haduuuuh.. ngkomen di blogspot teh musti login sane sini ya?

anyway, salut deh 'ulasan tentang IMB' nya oke punya. Ralat dikit aaah, acara kajian online muslimah memang aktif tiap harinya, namun penjaga gawangnya bukan aye pak. Saya mah cuma peserta (itupun kadang2 cuma mejeng nama, tapi ditinggal rapat). Lebih aktif waktu masih di sebrang batam sono. Sekarang pasifis.

yang perlu kiranya digaris bawahi adalah bahwa "kajian online muslimah" ini merupakan salah satu (apa satu2nya?) agenda IMB yang cukup berjalan konsisten. Salut deh buat panitianya :)

-unisa-

trian h.a said...

#Acha(kaya artis ya,hehe): ikutan 'menghidupkan' IMB kan?

#Unisa: lho,menggawangi kan emang jaga gawang. bukan yang nyusun serangan apalagi nge-gol-in..(halah!:D)
*jadi sapa mbak yang jadi panitianya?

Anonymous said...

wah ada komunitas kok nggak hidup? itu karena komunitasnya menawarkan sesuatu yg nggak begitu penting. atau esensinya blm ketangkep oleh anggota2nya. jadi samakanlah visi kalian...
Oops... rusuh deui...

donny said...

Oy, hari apa aja sih conferencenya...? kok baru tahu ya...? *...garuk2...*

pyuriko said...

Iko gak datang nih ke acara itu.. :(

Yadi Utama said...

Salam Blogger. Dari Komunitas Blogger Unsri http://blog.unsri.ac.id