Friday, July 01, 2005

Bangsaku Sudah Makmur?

rabu lalu aku ke jakarta dengan rencana bertemu dengan beberapa alumni. sebuah pertemuan yang sudah "lupa" untuk apa apa aku melakukanya. karena memang, semuanya berujung dengan, "bang, minta bantuan nih..."

tapi emang mreka adalah orang2 yang selalu banyak membantu adik-adiknya yang sedang beraktivitas. aku seneng saja, walaupun belum pernah ngrasain gimana rasanya jadi mereka jika diminta bantuan sama adik-adiknya.

dan begitu juga dengan kemarin.bantuan yang aku plot untuk aku dapatkan kuperoleh. jikalau ada beberapa bukan sebuah yang kongkret (menurut definisi kita2 yang selalu dekat dengan yang namanya duit), setidaknya sebuah komitmen bisa kudapatkan. bahasa kerennya, "gentlement agreement".

dan alhamdulillah (atau innalillah), ada juga yang ngasih kongkret .... (tiiiiit.....definisaikan sendiri ya!!!). dan tentu saja, senang rasanya mendapatkan sebuah yang memang secara nurani diharapkan.

oiya...rabu itu pula aku datang di gedung rakyat (DPR) bertemu dengan alumni yang jadi anggota dewan. seneng euy....akhirnya masuk sendirian tanpa dikawal siapa pun. karena biasanya selalu bareng ma yang lain.dan yang pasti..."dapetnya" itu.

tapi pas kemarin keluar dari gedung...deng....deng..., ada aksi alias demo. selidik punya selidik, katanya dari kelompok rakyat yang mengaku didzolimi dengan peraturan presiden (ketetapan presiden kali...) yang tentang tanah rakyat boleh "diminta" negara untuk kepentingan nasional.keppresnya no 36 kalau ga salah...

wah...jadi malu juga sebenarnya. aku kan abis dari dalam gedung. dan keluar, ada yang aksi. banyak pisan. sekitar 1000 orang. dari pasundan katanya (bandung?).tapi syukurnya (lho...?), mereka dah mo selesai. jadinya ga terlalu lama bengong. singkatnya, mereka naik bus masing pulang ke daerah-daerahnya (busnya ada yang kurnia bhakti yang warnanya kuning ijo, jurusan garut-jkt).

lalu aku bingung apa langsung pulang ke bandung atau jalan2 dulu. waktu itu jam 3an sore.

setelah sms2 sana-sini untuk mencari kemungkinan pulanga atau maen2, akhirnya kuputuskan untuk mampir sebentar ke tempat kerja teman di daerah imam bonjol. aku masih ingat, naiknya 213 (jurusannya lupa...ufgh!!). sampai disana jam 4. setelah sejenak (15an menit), aku pulang.

sebenarnya pula udah ada pikiran untuk langsung ke terminal nyobain cipularang yang kesohor itu. tapi ya...mampir dulu, g enak udah sms (jadi bingung kan?)

akhirnya, aku ke lebak bulus untuk nyobain tol itu. kenapa ga pulogadung? he...3x, pingin nyobain yang beda, konon pake prima jasa kalo di lebak bulus. kalo di pulogadung, pake bus yang banyak udah uzur (patriot -red).

rada nyesel juga. karena sebenarnya udah sore (jam 4.30an). dan katanya macet di rasuna said (gara monorail yang g kongkret!!!). dan benar macet banget disana, lama pisan.....udah sore waktunya opulang kerja dan ada penyempitan jalan karena monorail.

jadinya angtuk2 gitu, tapi itu juga setelah dapat tempat duduk. dan sama ....(tiit...sensor) lagi. wah, daripada cemot-cemot nih kaki, mending duduk aja. yang ag tau malu tu, ngantuk lagi. parah betul....baru rada sadar pas nyampai cilandak. jadinya iur2 ngantuk sepanjang rasuna said, mampang trus warung buncit sampai sekitar ragunan.

nah...pas mau nyampe lebak bulus, koq ada oranye2...waduh..masuk ke kandang macan nih..alias persija lagi abis men.untungnya 4-0 menang.tapi jadinya busa ga mau masuk terminal, turun di persimpangan dan jalan sendiri 300an m.

waktu itu udah jam 6 nyampai terminal. sejam cing...jalan macet. padahal, cipularang akan lebih menarik kalo keliatan alias ga gelap malam. tapi ya udah...yang penting nyobain..

akhirnya 15 menitan kita jalan. enak juga bisnya... ada yang sedang sendiri sebenarnya, tapi masih kuat iman sih! dan emang banyak kursi kosong.udah tidur lagi, jadinya seger.

kita jalan...akhirnya sampai cawang lewat tol, trus ke tol pondok gede.

udah niat ga bakal tidur (udah seger...hem...).jadinya cenghar (bahasa sunda) terus.tau2 udah ada petunjuk ke arah bandung, alias udah mulai masuk ke tol cipularang.

wah...emang keren (kesimpulannya aja). jalanya jelas beda, masih baru juga sih. dan walaupun malan, tetap keliatan daerah sekitar yang berbukit. tenang dan dingin. ada beberapa tanjakan yang dilewati, sekitar 5an tanjakan yang tinggi.

dan memang konon, bandung ada di 700 dpl, sedang cikampek di 20 dpl (kata koran)jadinya tol ini secara naluri (pake naluri, ga cuman otak) kudu nanjak.

lewat di bawah jembatan yang diatasnya ada jalan, trus ada juga diatasnya rel KA (yang tadi pagi saya lewati) dan tau-tau jembatan cisomang yang terkenal. aku ingat, ditulisnya, jembatan cisomang 252 m (kaya wirosableng). keren.....

dan tiba2 ...eh udah nyampai padalarang barat, trus tol padalarang. luar biasa men...cepet banget. koq bisa manusia bikin gituan? he....3x rada kagum juga. konom pula, sangkuring modern, cuma dikerjakan setahun cing....

wah...jadi ingat2 dengan yang di depan dpr tadi. tanah, cipularang. gimana ya kalo dihubung2ing? kan tanah yang dipake buat ngebangun cipularang adalah juga pasti ada milik rakyat. dan dipake untuk kepentingan nasional (atau kepentingan orang jakarta yang berduit dengan mobilnya pergi ke bdg untuk ke FO?). hush..... berat juga.

ya itu lah yang aku juga malu (kedua kali nya setelah di depan dpr tadi). make tol yang konon tanahnya juga ada yang belum diberesin. atau yang pasti, rakyat2 di sekitar (sekitar jauh) jalan tol gak terlalu (atau tidak) merasakan manfaat jalan tol itu.

jadi gimana mas...

bangsaku sudah mampu bangun jalan tol terindah di indonesia (katanya 100% produk dagri). dan mau bangun 5000 jalan tol transjava juga. atau terowongan nusantara yang juga sedang digodog, jembatan suramadu yang kemarin ambrol pondasinya.sudak makmurkah bangsaku?

wis liat aja lah...

No comments: