Tuesday, May 09, 2006

dialog ringan "dua generasi"

sekitar sepekan yang lalu, aku terlibat pembicaraan menarik dengan seorang "mas". pembicaraan yang menarik? konon katanya pembicaraan yang menarik itu ada dua dan sekitarnya, mistis dan wanita. dan ini membicarakan perihal yang kedua, walaupun bukan tepat kesana. pembicaraan ini dilakukan via YM (Yahoo Messenger), sebuah contoh komunitas dialog modern, kombinasi antara sisi manusia (tema, ekspresi, rasa) dan kekinian teknologi. terima kasih kepada mAjid (beliau ingin disebutnya begitu di sini), yang membagi pengalaman dan mengizinkan "dialog" kita dipublish di blog ini.
selamat menikmati...

-*-*-*-*-*-

trian_ha : tes..tes...*boleh meng-on-kan mode privat?

mAjid : siap

trian_ha : dulu gmn proses nikahnya mas?

mAjid : maksutnya? proses yg mana? ya gitu aja.. saya terima..blabla..

trian_ha : prosesnya gmn mas, ga mungkin "pacaran" kan ya?

mAjid : o.. proses sblm nikah..

trian_ha : yoi

mAjid : aku termasuk orang yg mau ”pacaran” dulu.. dengan tujuan pengen tau banyak ttg sifat calon ibu anak2ku, *bukan calon istri aku*..

trian_ha : ga ngerti deh..

mAjid : selama proses itu... aku coba untuk jaga jangan ampe melanggar norma2 agama..

mAjid : jd.. aku emang maen hajar buat dapetin yg aku kejar, yg aku kejar pertimbangannnya adalah agama dan fisik (yg ini manusiawi menurutt aku)

trian_ha : ok, ic...next

trian_ha : good choice iA mas..

mAjid : aku cari calon yg dapat membuat anak2 ku lebih bagus, terutama dalam hal agama...

mAjid : so.. cukup menjawab pertanyaan?

trian_ha : ya ya, gmn mastikan bhw "dia" cocok" ama kita..

trian_ha : tuh kan ga gampng, brgkali iya..bs jadi ga..

mAjid : itu kembali ke hati kita masing2... makannya aku lebih memilih proses perkenalan melalui "pacaran".. kita analisis.. kita pikir matang2.. apakah memang si A or si B yg pantas jadi istri kita...

mAjid : ps: pacaran disini buat aku berarti perkenalan lebih jauh dengan menjaga hati dan perbuatan agar tetap sesuai dengan batasan agama islam..

mAjid : ya klo bingung... istikharah..

mAjid : ya bs jd kayak strategi bisnis lah.. kita liat pake SWOT *heheheh*.. mana yg lebih baik buat kita..

trian_ha : wah...more than 1 choice?

trian_ha : kita jadi milih2 dong..

mAjid : yg jelas... gak ada yg sempurna.. semakin dalam kita tau mungkin makin banyak kekurangan+kelebihan yg dimiliki seseorang.. jagan cuma lihat kelebihannya... jangan cuma lihat kekurangannya..

trian_ha : hmmmm...

mAjid : buat aku.. Manusia dituntut untuk mengusahakan melakukan dan memperoleh yang terbaik... usaha dan do'a ... klo yg kita kejar bukan yg kita dapat.. tawakal.. krn memang 4JJI selalu memberikan yg terbaik buat hamba-NYA..

trian_ha : siip, emg ga lewat perantara2 gitu mas?

mAjid : spt aku bilang td.. aku termasuk org yg mau pacaran dulu.. gak pake perantara, perantara buat aku adalah orang sekitar calon aku yg memberikan informasi mengenai bagaimana sifatnya calon aku itu.. aku merasa memang perlu informasi dari orang lain, karena bisa jadi mata aku tertutup krn aku suka sama calon aku..

mAjid : emang masing2 ada kelebihan dan kekurangan.. klo lewat cara aku, kelebihannya aku bisa lebih melihat dan menimbang sendiri yg aku inginkan dengan berdasarkan informasi yg aku dapat sendiri maupun dari orang lain... artinya.. aku HARUS menerima keputusan yg aku ambil, krn aku "yg memilih", bukan orang lain..

trian_ha : ok mas, jadi pelajaran bg ku bgt..

mAjid : menurut aku... klo lewat perantara.. bisa jadi aku (ini aku pribadi lho), takutnya, ada perasaan menyesal... menyesal gak milih sendiri misalnya.. skali lagi.. ini menurut aku pribadi..

trian_ha : ya...gmn kl perantaranya bs ngasih bbrp alternatif, jd kt ttp milih..

mAjid : ya kembali pada informasi yg kita dapat.. dari informasi tersebut kita analisa mana yg lebih baik.. sambil istikharah tentunya.. menurut aku salah satu proses dari istikharah itu adalah kita analisis dan cari tau mana yg lebih baik.. nanti dari sana kita dapat jawabannya.. langsung ataupun tidak langsung itu adalah jawaban dari 4JJI..

trian_ha : ya ya, cuman takut aja...nafsu yg akhirnya bnyk main..wlupn itu "manusiawi"

mAjid : betul... makannya hati2 dgn yg "manusiawi" satu itu..

trian_ha : hehehe, siiip

mAjid : makannya perlu pendapat orang lain... terutama orang sekitar dia.. apakah orangnya seperti yg kita rasakan/lihat ngga..

trian_ha : siip

mAjid : good luck Jim.. hehehehe..

trian_ha : ok

mAjid : o iya... makannya td aku bilang "aku cari calon buat ibu dari anak2 aku".. itu adalah salah satu cara aku biar aku ngga buta oleh sifat "manusiawi" aku..

trian_ha : ok

-*-*-*-*-*-

jadi, anda mau cara gimana?

buat sahabat yang sedang bersiap

12 comments:

agung said...

hmmm...
Buat sahabat yang sedang bersiap.
Dari mana? Dari sahabat yang sedang bersiap juga =)

amircool said...

berarti boleh milih sendiri ya mas trian? boljug tuh....

sukem said...

informasi lain tentang menyempurnakan separuh dien ini...
semoga (saya) menjadi orang yang semakin yakin (untuk maju)...
jazakallah buat mas 3an :)

kuna said...

mengikuti yang sesuai dhien pasti lebih indah!!

fEBRi said...

kayanya mas trian udah mau menuju jenjang ini.
pantesan kemaren awalnya diskusi tentang aqidah, surga dan neraka..
tiba2 nyerempet ke maslah jodoh..
tapi asyik juga tuh pacaran kaya gitu..
jadi sebenarnya yang dilarang itu pacarannya atau substansi dari pacaran yang sudah mendekati ke arah zina, dan lebih mementingkan nafsu kali ye..

trian said...

wah, akhirnya sahabat yangb sedang bersiap mampir juga. udah ada calonkah? ditunggu lho ya..:)

buat amir, kuna. bolehkah? bukan boleh-tidak boleh, saya lebih cenderung pantas-tp pantas. Allah kan ngasih anugerah banyak potensi ke kita, jadi harusnya kita juga mengoptimalkan semua potensi itu.dan untuk itulah "dialog" ini...

koq jadi saya feb, kan udah jelas buat sahabat? tapi emang jadi pembelajaran kita (inc me). ttg pacaran? hmmm, ada yang bantu jawab?

benisuryadi said...

ribet amat yak...

Lucky said...

iya ben...ribet ya?
haah...(menghela nafas)

adit-bram said...

asa repot...

tapi....

bukan trian kalo yang mudah dibikin repot :p

Trian H.A said...

hmmm, ya...anggap aja sebagai "alternatif" bang ben..!

ah... dit, kau bisa aja..:)

igun said...

dudu dinggo aku kan ndro?

lulus dulu.. lulus dulu..
lulus sarmud dulu..

-igun

Trian H.A said...

sip sip gun....tak do'akan lancar yo.

semangat!