Thursday, August 14, 2008

Mencari rumah

Bulan-bulan ini saya sedang giat-giatnya mencari rumah di sekitar Jakarta. Inginnya dalam tahun ini rumah tersebut sudah terealisasi. Bukan apa-apa, buat saya rumah itu penting, bahkan lebih dulu di bandingkan menikah (maunya, realisasinya tidak tahu). Lho?

Filosofinya, saya ingin mempunyai ‘sangkar’ dahulu baru kemudian mengajak pasangan tinggal di sana. Bisa menjadi kisah masuk rumah yang indah setelah menikah nanti. Itu artinya pasangan itu juga harus mau tinggal disana. Kalau tidak mau, rumah sebagai investasi bisa di alihkan nantinya. Tapi konon, orang tua lebih tenang melepas putrinya jika calon menantunya sudah punya rumah (dan pekerjaan pastinya).

Alasan logisnya, susah nyari rumah akhir-akhir ini di Jakarta. Lahan yang makin langka. Plus, harganya yang semakin ‘tidak menusiawi’, apalagi kalau ditunda-tunda hingga tahun berganti. Dan sebagai bagian dari investasi jangka panjang, rumah salah satu jawabnya.

Awal tahun ini dalam sebuah pameran properti di JCC, muncul beberapa kandidat yang ingin di tindak lanjuti. Dari sisi budget, ada yang sesuai dengan anggaran. Kekurangannya, lokasinya yang di pesisir jakarta atau di luar jakarta yang pastinya akan membutuhkan banyak waktu dalam akses kesana. Kalau saya tidak masalah, keluarga nantinya khawatir kerepotan.

Beberapa teman karena pertimbangan lokasi lebih memilih apartemen di pusat kota, dimana harganya mirip dengan rumah di luar kota. Bedanya tentu saja lingkungan sosial, dan tanah. Setidaknya ingin mempunyai rumah utuh terlebih dulu, dan jika nanti di masa depan ingin mencoba ke apartemen bisa dipertimbangkan.

Ada tawaran tanah, maka harus siap dengan usaha membangun rumah sendiri. Adakah agen atau biro yang menyediakan jasa pembangunan rumah dari awal sampai jadi? Misalnya kita sediakan lahan 10 x 15 m, lalu memilih design dan di bangunkan oleh biro tersebut.

Ada teman yang giat untuk mencari rumah second di dalam jakarta. Harganya mahal, tapi kalau memang berjodoh maka rumah idaman bisa di dapatkan.

Kalau disuruh memilih, inginnya rumah di Jakarta yang siap pakai (means second?). Rumah tersedia minimal 2 kamar tidur dan 1 kamar tidur pembantu. Lokasinya setidaknya masih masuk kota jakarta dan mudah di akses. Kalau harga, hmm… ini rahasia. Biasa, berharap fasilitas kredit perusahaan.

Saya sedang mencari rumah. Jika ada informasi, saya akan berterima kasih sekali.

15 comments:

okky said...

aku juga maunya di dalam kota aja Trian. Rawamangun - khususnya kompleks ikan2- bisa jadi pertimbangan. awalnya sempet kepikiran apartemen, tapi dipikir2 mending usaha cari rumah dulu aja. kalo udah nyerah baru apartemen. Jangan cari yg jauh2, hidup kita akan habis di jalan. gud luck ya:)

lita uditomo said...

kalau kerja di selatan jakarta, depok bisa jadi alternatif, trian..:)
( alhamdulillah, daku betah tinggal di depok )

met hunting ya...

fathy said...

ada tuh...kalibata. apartemen rakyat. mayan buat invest. kalau di cipinang...umhh... kalo mau nyari ya ada aja sih. ngontrak sblah rumah sy aja yan..ada tanah. tp belom dibangun. hihi ;p

randompacking said...

Jasa kontraktor banyak skarang boss... Ada juga orang yang bisa ngerjain desain doang, ada kontraktor yang komplit dari ngedesain sampe ngebangun...

Ckck.. Masih mudo...

Jangan lupa, siapin upeti buat premannya...Hehe...*fuh, hari geneh...

edratna said...

Udah siap-siap nih...kenapa nggak ngajak calon untuk nyari? Bukankah si dia nanti yang juga akan merasakan enak tidaknya tinggal dilingkungan tersebut?

Saya dulu mah, menikah nggak pake mikir rumah Trian, ada uang untuk ngontrak 2 tahun, ada kerjaan (saya udah asisten manager)...beres deh. Tapi terus kebablasan tinggal di rumah dinas sampai 23 tahun, habis enak,lingkungan teman kantor, mudah nitip anak, di tengah kota, dekat sekolah, rumah sakit, Mal dsb nya.

Galih said...

Loh, kok sama ya ? Kesepakatan dengan ortu, punya rumah dulu, baru nikah.( Tapi, duitnya harus dari bisnis pribadi, ortu melarang hebat ngutang...Wah, kerja keras nih)

Lingkungan Jakarta bagus ya, kalau buat pendidikan anak ?

Di Bandung ada yang baru nih, 300 juta ( murah) di daerah Surapati. Situ mau life di Jakarta ya ? Waah, saluut deh...

Sukses cari rumah ya...

iman brotoseno said...

kalau dulu saya nikah dulu baru rumah he he,
btw daerah pinggiran kota yang dekat tol bisa jadi opsi seperti lenteng agung, kebagusan, pondok gede, jati asih..

trian h.a said...

#Okky: susah-susah gampang cari rumah di jakarta dst Ky. ada benarnya jug, bahwa antara kita dan rumah nantinya itu 'berjodoh'.

#Mbak Lita: iya mbak, depok jadi salah satu incaran koq. lingkungan konduif, dan secara ada UI juga hehe.

#Aby: ayoo semangat, sama2 cari rumah :)

#Bu Enny: Yup Bu, lagi muli cari2 rumah niih. daerah Lenteng Agung, Depok, atau Ciputat ok juga Bu.

#Galih: 'ideal'nya memang seperti itu Lih, rumah dulu.tapi ada filosofi yang bilang kalau rumah itu harus 'bersama'.

#Iman: ini kan rencana Mas, bisa aja ntar ga jadi alis nikah dulu hehe.

fathy said...

oya! deket rumah sy ada, yan. tp lewat agen properti gitu deh (sptnya mahal -_-'). deket banget sm rumah sy. kemana2 rutenya mudah. pinggir jalan, model minimalis. strategis banget lah. sok kalau mau bisa disurvey.

Fitri said...

Bli aja rumah saya di perumahan tatya asri sentul.ada 5 kt,2km,2 dapur,luas,tingkat,sudah diren0vasi..uda dtambh pagar,tralis,pintu besi jg,harga neg0 dh.bs ovrkrdit atw cash.hub fitri 085695098742

monroe said...

mau jasa arsitek bagus dan murah? Saya pernah pakai radiance8, hasilnya bagus dan sangat memuaskan. Bisa dicoba jg tuh. Kalau gak ganti nih nomernya 08129629521

Abdullah said...

Dijual Rumah SHM.: LT 1908 LB 953
Harga Rp.20.M
Lokasi :Jln Raya Lenteng Agung NO 45 Jagakarsa Jakarta Selatan
Tlpn Abdul :081316013977

Abdullah said...

[MINIMALIS DESIGN,MOTIF ANYAR]

*Harga /M Untuk kain Gordyn Rp.123000

*Untuk Jendela Berukuran : [L.150 X T.210] <> Rp.885600

: [L.200 X T.210] <> Rp.1180800

: [L.250 X T.210] <> Rp.1476000


*Harga Belum termasuk Ongkir. Untik Imfo lebih lanjut

*tpn or SMS Ke .081316013977

Anonymous said...

ret

Anonymous said...

bang saya mau menjual rumah nie bang ..rumah didaerah strategis,central jakarta ... didaerah tanjung duren,jakarta barat..dekat dengan berbagai akses central penting jakarta.. ... luas bangunan 8.25 x 8.30 = 76 meter ... ntuk investasi ckup menjanjikan ..krn kanan dan kiri rumah (tetangga) saya sudah trjual dengan harga 10 juta per meter nya ...saya menjual nya dengan harga 400 juta saja bang... 0857 1661 1991 ...