Thursday, November 15, 2012

Langkah M&A 1; Manage Pre M&A & Screen Candidates

Dalam melakukan Merger dan Acquisition (M&A), langkah pertama adalah Manage Pre-M&A Phase. Sesuai dengan formula Michael Porter, keuntungan M&A harus dilihat dari 4 hal berikut:

a. Dorongan dari pembeli (forces from buyers)
Kegiatan M&A harus mampu meningkatkan atau memperbaiki produk akhir ke konsumen.

b. Dorongan dari pendatang baru (forces from new comers)
Kegiatan M&A untuk mencapai economic of scale yang baru sehingga menang dalam kompetisi.

c. Dorongan dari penyuplai (forces from suppliers)
Kegiatan M&A untuk mengintegrasikan dan memperbaiki bahan mentah atau input

d. Tekanan dari pengganti (forces from substitute)
Kegiatan M&A untuk meningkatkan inovasi dan mencari segmen baru

Langkah kedua adalah Screen Candidates. Secara umum terdapat dua pola partnership, yaitu:
1.   Stategic Investor
Hal ini seperti yang dilakukan oleh Tiger Airways dengan mengakuisisi Mandala. Atau yang terakkhir, kegiatan ‘saling akuisisi’ antara Virgin Australia (DJ) dan Singapore Airlines (SIA). DJ mengakuisisi 60% saham Tiger Australia (TT) dari Tiger Airways (TA), sekaligus menjual 10% saham DJ ke SIA. Yang menarik bahwa TA sendiri 49% dimiliki oleh SIA.

2.   Financial Investor
Hal ini banyak dilakukan oleh para private equity, semisal Recapital dan Saratoga. Berbeda dengan strategic investor yang mempunyai bisnis identik untuk memperkuat pasar, maka financial investor lebih pada prinsip investment; buy low & sell high, buy high & sell higher. Misalnya, Saratoga Capital (SC) masuk ke bisnis Power lewat akuisisi 51% saham Medco Power Indonesia (MPI) dari Medcoenergi (MEI). Kemudian, MPI berencana IPO 2016 untuk mendapat fair market value ketika nanti dilepas kembali oleh SC.

Menurut Mckinsey, seleksi kandidat menggunakan beberapa parameter seperti dalam gambar di bawah.

Dari alur tersebut, dari banyak kandidat perusahaan yang bisa menjadi target M&A, maka ternyata hanya ada 2 kandidat layak menjadi target M&A. Maka yang berikutnya yang memutuskan adalah nilai dari perusahaan dan keuntungan yang didapat jika dilakukan M&A.

----
(to be continued..)

2 comments:

satu gerai said...

Halo sobat bloger tertarik dengan bisnis online?
Kami start up dari jogja sedang membuat onlineshop dengan konsep, orang lain dapat ikut menjual produk-produk kami melalui blognya (affiliasi), yaitu dengan menjadi SAHABAT SATUGERAI. Sahabat akan mendapat komisi dari setiap penjualan. Sahabat akan mendapat subdomain toko online (contohnya: tokoku.satugerai.com), di subdomain toko sahabat ada fasilitas untuk posting artikel. sahabat juga bisa memasang widget produk di blognya. Infonya di blog.satugerai.com atau bisa juga langsung mendaftar di sahabat.satugerai.com

NB: Ini undangan dari kami, bukan sebagai komentar, mohon dihapus saja jika dianggap spam.

shanta islam said...

Thanks for sharing your thoughts..yes, The only difference is that they applied and did everything they could to succeed...In connection to that, The importance of integrity has always existed among the Meditation uk community, but in recent times has been shown as falling short. It is the Internet’s immeasurable impact on the global marketplace that is now making the expression of integrity, reliability and credibility extremely important.