Tuesday, September 28, 2010

Salary Survey Oil & Gas 2010

Melihat survei salary oil&gas adalah menarik, karena sektor ini yang dikenal tertinggi tingkat salary nya dan cakupan nya yang global sehingga banyak expat yang bekerja di industri oil&gas setiap negara seluruh dunia. Hasil sebuah survei yang sudah lama di publikasikan menampilkan profile rata-rata salary (biasanya min background pendidikan setingkat engineer) untuk pekerja lokal dan expat (semua dalam USD).
Jika mengamati Indonesia, maka data menunjukan sebuah angka yang harus dilakukan adjustment sesuai dengan type perusahaan, bidang kompetensi dan experience dengan dua tabel di bawah. Jika yang ingin dicari adalah standar salary di sebuah perusahaan hulu oil&gas di Indonesia, maka menurut saya setelah dua adjustment tersebut perlu di normalisasi lagi dengan melihat skala perusahaan hulu oil&gas nya, misalnya dengan mengacu dengan rasio produksi BOE perusahaan tersebut terhadap produksi nasional. Sesudah demikian, maka akan ketemu sebuah angka yang lebih rasional untuk sebuah perusahaan hulu oil&gas di Indonesia.
Dan lebih menarik lagi melihat survey oil&gas ini pada bagian bidang kompetensi dan rata-rata salary nya tabel di atas. Survei yang cukup komprehensif baik negara, kompetensi dan pengalaman ini ternyata membuktikan bahwa rata-rata salary paling tinggi di oil&gas bukan pada "core" oil&gas yakni petroleum/reservoir engineering atau geoscience. Padahal pada banyak sektor yang lainnya (misal pada sektor financial atau manufacture), core-competence bisnis itulah yang biasanya menjadi primadona dengan mendapat rata-rata salary tertinggi.

Bagaimana menurut anda?


Source: HAYS - Oil & Gas Global Salary Survey 2010, link: Migas-Indonesia

3 comments:

casdiraku said...

Kalau yg saya tangkap, tabel pertama jelas menunjukkan ketimpangan yg lebar antara gaji expat dan lokal di Indonesia (hampir 4 kali lipat). Negara berkembangan lainnya, seperti India dan China, mereka lebih mampu menghargai anak bangsa sendiri.

trian h.a said...

Betul Cas..beginilah pasar yang berlaku di Indonesia. Apakah regulator tidak bisa berbuat apa2? Kita lihat saja.

hailey said...

Hi, I came across your site and wasn’t able to get an email address to contact you. Would you please consider adding a link to my website on your page. Please email me back and we'll talk about it.

Thanks!

Hailey William
haileyxhailey@gmail.com